Program Telkom Athon merupakan program yang mewadahi karyawan Telkom untuk meningkatkan kapabilitas digital. Telkom Athon mendukung dan memfasilitasi pengembangan karyawan untuk mengupgrade digital skill dan potensi yang dimiliki dengan pendekatan 4C (Online Course, Community, Coach & Mentor, serta Competition) sehingga dapat memberikan impact yang signifikan untuk pengembangan digital talent dan bisnis masa depan bagi perusahaan.
Berikut detail formula Telkom Athon:
Course
Kegiatan pembelajaran yang diikuti oleh seluruh peserta Telkom Athon yang terdiri dari enrollment online course, pengerjaan assignment, praktek dan evaluasi seperti quiz post test dan pre test.
Coach
Kegiatan yang ditujukan untuk mempertajam dan memperdalam keilmuan peserta dengan rincian kegiatan diantaranya online class dan focus group discussion.
Community
Kegiatan pengelolaan komunitas program Telkom Athon melalui platform eventeer dengan cara pengelolaan tenant melalui beberapa konten engagement yang bertujuan membuat ekosistem pembelajaran seperti halnya brand Telkom Athon yakni FUN yet INSIGHTFUL.
Competition
Kegiatan yang bertujuan untuk mengevaluasi peserta yang dikemas dalam bentuk kompetisi untuk menilai peserta baik secara individu maupun berkelompok mengenai hardskill dan softskill yang sudah diajarkan.
1. Journey Course
Journey Course dibagi menjadi 2 aktivitas, yakni Regular dan Special Class. Berikut penjelesan detailnya:
Regular Class: Recap class yang dilaksanakan setiap 3x dalam seminggu setiap pukul 19.30-22.00 WIB untuk seluruh stream diantaranya stream Data Science, UIUX PM, Back End, React Native, Front End. Pada bulan Juni:
Total course yang harus di enroll: 15 Course
3 course Data Science
3 course Front End
3 course Back End
3 course React Native
3 course UIUX PM
Rata rata enrollment rate course yakni: 92%
95.31% course Data Science sudah di enroll
94.79% course Front End sudah di enroll
89.28% course Back End sudah di enroll
92.26% course React Native sudah di enroll
88.82% course UIUX PM sudah di enroll
Interpretasi: Stream UIUX dan PM memiliki rate paling kecil dibandingkan stream lainnya dikarenakan total course yang wajib dienroll lebih banyak dan waktu penyelesaikan masih panjang hingga bulan Agustus 2023.
Rata rata completion rate course yakni: 66.12%
82.08% completion rate Data Science
75% completion rate Front End
45.51% completion rate Back End
72.08 completion rate React Native
56.02% completion rate UIUX PM
Interpretasi: Stream Back End memiliki rate paling kecil dibandingkan stream lainnya dikarenakan peserta terkendala pada bagian praktek/coding sehingga membutuhkan bimbingan dari fasilitator dan waktu pengerjaan yang lebih panjang.
Special Class: Kelas yang dilaksanakan dengan cara berkolaborasi dengan AMATALK dan dibuka untuk seluruh Telkomers guna memberikan pengetahuan tambahan untuk peserta Telkom Athon dan pengetahuan baru serta meningkatkan branding Telkom Athon kepada seluruh Telkomers. Special class ini juga berkolaborasi untuk campaignnya dengan LA dan LIRF. Pada juni ini sudah terlaksana:
1 special class dengan tema Back End dengan judul: "Getting Started with Mock server"
Peserta yang hadir total 225
42.3% peserta merasa:
Sangat Puas
Sangat Terinformasi
Sangat Senang
Sangat Memahami
Sangat Semangat
Sangat Tertarik
2. Journey Coach
Pada journey ini, seluruh peserta dibantu oleh facilitator untuk mengarahkan agar proses belajarnya tetap sesuai dengan target silabus yang ditetapkan. Terdapat 28 fasilitator untuk 5 stream yang disebar untuk seluruh kelas dari regional 1-7 dan CorpU. Seluruh facilitator berasal dari Alumni Telkom Athon batch 1-3 dan Amoeba Management. Pada bulan Juni sudah terlaksana total online class sebanyak:
Total Class bulan Juni yakni: 20 kelas
Data Science: 4 kelas
Front End: 4 kelas
Back End: 4 kelas
React Native: 4 kelas
UIUX PM: 4 kelas
Rata rata attendance rate student yakni: 84%
88,91% attendance rate Data Science
81,95% attendance rate UIUX PM
88,18% attendance rate Back End
87,49% attendance rate Front End
73,95% attendance rate React Native
Interpretasi: Stream React Native memiliki rate paling kecil diantara stream lainnya dikarenakan student react native banyak yang terhalang kendala seperti jadwal kelas yang bentrok dengan pekerjaan operasional dan lainnya.
3. Journey Community
Journey ini bertujuan untuk menciptakan ekosistem pembelajaran tetap "FUN yet INSIGHTFUL" dengan menyajikan berbagai konten dan gamifikasi untuk peserta Telkom Athon melalui platform Eventeer, Website Telkom Athon dan Instagram. Adapun bulan Juni ini kami berhasil merelease:
20 konten eventeer
Weekly Greeting
Weekly Playlist
Weekly Quiz
Weekly Blog
Student of The Week
Student of The Month
8 konten website Telkom Athon
Fakta-fakta stream Telkom Athon #4
Student of The Week
Student of The Month
3 konten instagram itdri.id
Fun fact Telkom Athon
Journey Telkom Athon
Testimoni Telkom Athon
Visualisasi Funneling Digital Talent Telkom Athon meliputi Digital Talent Cumulative yang merupakan funneling digital talent yang dihitung secara cumulative dari batch 1 (2020) hingga batch 4 (2023). Sedangkan Digital Talent On Going Progress merupakan funneling digital talent yang aktif saat ini, yaitu pada batch 4 (2023).
Berdasarkan persentase perbedaannya, jumlah digital talent proficient jauh dibandingkan savvy dan industry baik secara cumulative maupun on going progress, dikarenakan saat ini masih terlaksana checkpoint DTR proficient dan journey Telkom Athon batch 4 baru sampai pada tahap Course, Coach, dan Community.